Integrasi antar aplikasi office
INTEGRASI ANTAR APLIKASI OFFICE resume mapel informatika 06/08/21
1) Apa itu integrasi?
tujuan utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada saat yang tepat. untuk itu suatu data atau sistem yang terintegrasi tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas lagi. tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan
aliran informasi diantara sistem Sangat bermanfaat bila data dalam file suatu sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu sistem menjadi input bagi sistem lainnya.
2) definisi integrasi
saling keterkaitan antar subsistem sehingga data dari suatu sistem secara rutin dapat melintas menuju atau diambil, oleh satu atau lebih sistem yang lain.
integrasi terbagi menjadi dua yaitu "integrasi data dan integrasi sistem"
>integrasi data : proses menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda dan dilakukan untuk mendukung manajemen informasi serta pengolahan data menjadi informasi yang lebih sempurna.
>integrasi sistem : rangkaian proses untuk menghubungkan beberapa sistem komputerisasi dan software aplikasi baik secara fisik maupun fungsional
manfaat integrasi beberapa diantaranya yaitu sebagai satu sumber utama, data base tertata rapih, dan user interface yang lebih konsisten.
ada empat cara mengintegrasikan aplikasi
1. pemanggilan prosedur atau function
aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
2. messaging
aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
3. sharing database
pengirim dan penerima menggunakan data base sebagai media pertukaran data pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian dibaca oleh penerima.
4. file transfer adalah mekanisme
adalah mekanisme yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan demikian juga dengan lokasi Penyimpanan file dan aturan penamaannya
integrasi pada aplikasi Microsoft Office
Microsoft Office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering digunakan mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.
Aplikasi office merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk kegiatan perkantoran, seperti membuat dokumen, membuat surat, pembayaran gaji, absensi dan lain sebagainya. Terdapat banyak aplikasi Office saat ini, mulai dari microsoft office, Open Office, Gogle Doc, LibreOffice Writer dan AbiWord.
Nah, berikut merupakan penjelasan beberapa aplikasi Microsoft Office yang biasa kita gunakan.
- Microsoft word : Biasa digunakan untuk membuat sebuah dokumen, yang berhubungan dengan surat-menyurat. Aplikasi ini digunakan untuk pengolahan kata.
- Microsoft Excel : Digunakan untuk membuat dokumen pengolahan angka, pemberian nilai pada siswa, penggajian dan beberapa pekerjaan lain yang berhubungan dengan angka.
- Microsoft Power Point : Aplikasi ini digunakan untuk kegiatan presentasi.
- Microsoft Outlok : Aplikasi yang digunakan untuk membaca dan mengirimkan surat elektronik (email)
- Microsoft Access : Aplikasi yang digunakan untuk database sekala rumahan atau perusahaan.
Berikut adalah contoh integrasi pada aplikasi Microsoft Office :
1. membuat table of content pada Microsoft Word
2. linking and embed pada aplikasi Microsoft Office
3. membuat surat massal pada Microsoft Word dengan menggunakan database yang ada pada Microsoft Excel atau Microsoft Access
4. membuat grafik pada aplikasi Microsoft Office.
Sekian resume pembelajaran informatika materi integrasi antar apl Office untuk hari ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata dalam mengetik.
Source :
https://youtu.be/haAODD7gbMg
https://www.maxtrimus.com/2020/08/materi-kelas-x-integrasi-antar-aplikasi.html
Terimakasiihh❤☺
Komentar
Posting Komentar